Saturday, February 28, 2009

Mengenal Jenis Diet II


Dalam artikel sebelumnya sudah kita bahas beberapa jenis diet menurut cara yang diterapkan. Semua ada kurang dan lebihnya. Mana yang cocok untuk Anda, tergantung bagaimana life style dan kepribadian Anda.Masih ada beberapa jenis lagi yang akan kita bahas di artikel ini.

Diet Sesuai Gol Darah
Diet sesuai golongan darah atau yang disebut "Eat Right for Your Type Diet" ini percaya bahwa setiap orang harus mengkonsumsi makanan berdasarkan golongan darahnya. Karena menurutnya masing-masing golongan darah (0, A, B, AB) memiliki keistimewaan sendiri. Mulai dari makanan apa yang mudah diserap oleh tubuh, olahraga apa yang tepat, penyakit apa yang mudah hinggap, serta bagaimana tubuh memberi respon terhadap stres akan ditentukan oleh golongan darah yang Anda miliki Tubuh menyerap dan bereaksi terhadap makanan dengancara berbeda sesuai karakteristik golongan darah tersebut. Kita sudah pernah membahas mengenai makanan sesuai golongan darah. Bila Anda belum pernah membacanya, bisa klik link ini: golongan darah A, golongan darah B, golongan darah AB, golongan darah O.

Reaksi ini dipengaruhi oleh lectin, sejenis protein yang terdapat dalam makanan. Diet sesuai golongan darah mengacu pada makanan yang digolongakan sebagai kelompok yang sangat menguntungkan, netral, dan hindari. Kelompok sangat menguntungkan bisa dinalogikan sebagai ’vitamin’, Sebaliknya kelompok hindari sebagai ’racun’ bagi tubuh. Sedangkan kelompok netral kira-kira berperan sebagai makanan biasa yang menyediakan kalori dan nutrisi untuk tubuh. Asalkan tidak dikonsumsi berlebihan.

Peneliti diet berdasarkan golongan darah, Dr. Adamo mengatakan bahwa diet ini tak hanya merupakan kunci untuk menurunkan berat badan, namun juga dapat meningkatkan energi, meningkatkan imunitas serta ’menggempur’ penyakit-penyakit serius seperti misalnya kanker. Dengan mengikuti diet ini Anda akan menjadi lebih sehat, panjang umur dan awet muda.

Kekurangan
- Terlalu banyak informasi detil yang harus diingat.
- Beberapa jenis makanan dilarang, sehingga agak sulit bagi Anda untuk menyeimbangkan diet.

Agar berhasil untuk Anda
- Karena diet ini sangat detil dan strict, lebih baik Anda membeli buku mengenai diet ini untuk melihat makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh Anda konsumsi.
- Jangan lupa untuk membuat catatan mengenai hal-hal penting yang berkaitan dengan golongan darah Anda. Misalnya apa kelemahan dan kekuatan Anda, makanan apa yang akan meningkatkan imunitas tubuh Anda, atau bagaimana cara eketif untuk mengatasi stres.

The Zone Diet
The Zone Diet diciptakan oleh Barry Sears, Ph.D. Dia menyebut diet ini rencana diet 40-30-30. Maksudnya komposisi nutrisi yang baik terdiri dari 40% karbohidrat, 30% lemak dan 30% protein. Dengan membuat menu makan setiap orang didasarkan pada banyaknya aktivitas dan persentase lemak tubuh, Sears dengan sangat scientific menyodorkan sistem 40-30-30 yang dibutuhkan oleh setiap orang, la pun menjelaskan bahwa semua makanan yang kita makan berada di dalam "block". Begitu Anda telah dapat menghitung kombinasi unik "block" Anda, maka setiap kali makan, makanan Anda harus sesuai dengan "block" tersebut. Dengan cara itu, maka tubuh akan menampilkan petorma puncaknya (the Zone).

Tubuh akan mengeluarkan energi maksimum plus menurunkan berat badan. Sears sangat kaku dalam menerapkan sistem penghitungan kalori maupun komposisi nutrisi. Jadi menurutnya, Jika Anda mencoba membuatnya simpel, Anda bisa jadi tidak benar-benar berada dalam Zone. Sebagian orang yang sukses dengan cara ini mungkin akan menikmati kekakuan tersebut. Tapi, bila Anda bukan tipe orang yang menyukai detil, bisa-bisa Anda akan menyerah.

Jika Anda menuruti segala ketentuan diet ini dengan benar, Anda akan mengalami penurunan berat badan yang terus. Walau diet ini rendah kalori, tapi Anda tetap dapat menikmati makanan lezat seperti steak atau ikan panggang yang tinggi protein. Anda juga tidak perlu melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan. Pola makan ini melindungi Anda dari penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Kekurangan
- Terlalu scientific untuk dipahami, dan mere-potkan karena setiap kali mau makan harus berpedoman pada pola 40-30-30. Tidak bisa sekaligus dilakukan untuk keluarga karena masing-masing orang memiliki kalkulasi sendiri-sendiri.
- Boros waktu, karena Anda harus makan 6 kali sehari. Juga boros uang bila Anda membeli produk-produk The Zone Diet yang harganya lumayan mahal.
- Menurut Lynn Crieger, R.D..C.D.E, ahli nutrisi dari Amerika Serikat, diet tinggi protein dan rendah karbohidrat ini cenderung mengurangi rasa lapar daripada menurunkan berat badan. Karena rendah karbohidrat, sangat mungkin Anda akan kekurangan energi.

Agar berhasil untuk Anda
- Menyederhanakan ’hitung-hitungan’makan akan mempermudah Anda menerapkan diet ini. Hal ini juga banyak dilakukan oleh para pengikut the Zone Diet. Asal Jangan menyimpang dari ketentuan 40-30-30.
- Kalau Anda malas berpikir, Anda bisa membeli produk-produk diet The Zone Diet yang sudah ditakar sedemikian rupa.

Okinawa Program
Program ini diilhami dari kebiasaan hidup penduduk kepulauan Okinawa yang merupakan tempat bermukimnya orang-orang berumur panjang dan sehat, jauh dari penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya. Di dalamnya tercakup diet, olah tubuh, cara mengatasi stres serta keberhasilan para penduduk Okinawa mengabungkan cara Timur dan Barat dalam pemeliharaan kesehatan mereka.

Prinsip pola makan Okinawa yang disebut Nuchi Cusui mengacu pada keseimbangan tiga hal : tinggi karbohidrat, rendah kalori dan bersumber pada tumbuh-tumbuhan, Sepintas pola makan ini mirip dengan piramida makanan menurut anjuran pola makan Amerika Serikat (US Daily Allowance). Namun Nuchi Gusui membagi dengan jelas antara makanan yang boleh dimakan setiap hari dengan yang hanya boleh dimakan setiap minggunya. Dengan demikian akan lebih mudah Anda mengetahui apakah Anda sering mengkonsumsi makanan tertentu atau tidak.
Makanan yang termasuk golongan ’harian’ di antaranya adalah nasi, roti, mie, sayuran, buah-buahan, makanan yang mengandung flavonoid dan kalsium, makanan omega 3, minyak sayur, rempah-rempah. Sedangkan yang dimakan mingguan adalah daging, unggas, telur dan makanan manis. Pada intinya, pola makan Okinawa memperbolehkan Anda mengkonsumsi semua jenis makanan, asal tidak berlebihan secara keseluruhan dan jumlahnya harus seimbang.
Dengan mengikuti program Okinawa, Anda akan dapat hidup lebih sehat seperti penduduk pulau Okinawa. Di perkirakan, kini ada sekitar 400 orang lebih yang berusia di atas 100 tahun hidup di sana. Keseimbangan antara makanan tinggi karbohidrat, rendah kalori dan bersumber dari tumbuhan akan membuat tubuh Anda tetap langsing, awet muda sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung, stroke dan kanker.

Penggunaan minyak kanola yang tinggi kan-dungan lemak tak jenuhnya untuk memasak juga dapat menekan kadar ’kolesteol jahat’ (LDL). Program Okinawa juga dilengkapi dengan berbagai aktivitas fisik. Yang paling populer adalah tai chi, dimana olahraga tersebut merupakan perpaduan antara kekuatan jiwa dan raga. Dengan demikian Anda tidak hanya akan memperoleh tubuh yang langsing namun juga akan lebih bugar, lebih percaya diri, dan bebas stres.

Kekurangan
- Program ini terasa begitu ideal, namun bagi Anda yang hidup di kota yang segalanya serba cepat, hal ini mungkin akan terasa agak rumit. Dibutuhkan waktu khusus untuk menyiapkan makanan karena begitu banyak jenis makanan yang harus dikonsumsi setiap harinya dengan porsi yang sudah ditetapkan.
- Pemakaian minyak canola kurang umum, harganya juga relatif lebih mahal dibandingkan minyak kelapa.

Agar berhasil untuk Anda
- Ketelatenan merupakan kunci kesuksesan dalam menjalankan program ini. Jika melakukan seluruh program sekaligus terasa berat untuk Anda, Anda bisa melakukannya secara bertahap. Misalnya, mulailah dengan mengikuti pola makannya. Jika sudah mahir, Anda bisa lanjutkan dengan program lainnya, seperti aktivitas fisik atau cara mengelola stres.
- Sesuaikan jenis makanan serta aktivitas fisik yang Anda sukai agar program ini terasa lebih ringan. Pada intinya aktivitas fisik dimaksudkan untuk meningkatkan kesehatan jasmani, kepercayaan diri serta menyenangkan hati Anda. Karenanya Jika tak suka tai chi, Anda bisa menggantinya dengan olahraga lain yang Anda gemari.

Shout Beach Diet
Disebut SBD karena penemunya Agatson berasal dari Miami Florida, sebuah kawasan yang identik dengan pantai indah, fashion, makan enak dan wanita-wanita cantik seperti dalam serial Baywatch. Awalnya, Agatston membuat diet ini untuk kepentingan para pasien penyakit jantungnya. Namun ternyata diet yang diberikan juga berhasil menurunkan berat badan para pasiennya sampai 6 kg dalam waktu 2 minggu. Alhasil, orang pun berbondong-bondong ikut mempraktekkannya.

Alasan awal Agatston untuk membuat diet ini karena dia melihat cara tradisional menurunkan berat badan, baik dengan mengurangi makanan berlemak atau mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat seringkali tidak berhasil. la pun kemudian menciptakan diet sendiri, yang menekankan pada pengurangan konsumsi karbohidrat. Karena umumnya kelebihan berat badan disebabkan oleh konsumsi karbohidrat yang berlebihan, yang akan meningkatkan kadar gula darah. Gaya dietnya disebut-sebut mengkopi Diet Atkins karena keduanya sama-sama membatasi asupan karbohidrat dan menyarankan konsumsi protein dan lemak.

namun ada perbedaan mendasar di antara diet Atkins dengan SBD ini. Agatston menyarankan pengikutnya untuk menjauhi lemak jenuh dan menyarankan untuk mengkonsumsi lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun dan asam lemak omega 3 yang ditemukan pada ikan. Hal yang tidak dilakukan oleh Atkins.

Secara garis besar South Beach Diet dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama adalah tahap yang paling ketat, berlangsung selama dua minggu. Lumayan berat, tapi kalau Anda disiplin menjalankannya, Agatston menjanjikan diet ini bisa menurunkan berat badan hingga 6,5 kg. Anda diperbolehkan mengkonsumsi banyak sayuran, daging, kacang-kacangan, keju dan telur. Namun untuk sementara Anda harus menjahui makanan yang kadar gulanya tinggi dan berlemak, seperti roti, nasi, kentang, pasta, mie atau makanan dari tepung yang digoreng, gula, permen, atau buah yang manis.

Tahap ini dimaksudkan untuk menghilangkan kebiasaan Anda mengkonsumsi karbohidrat atau makanan manis secara berlebihan. Dengan cara ini, keinginan Anda untuk mencicipi makanan yang serba manis akan hilang perlahanlahan. Berat badan Anda pun akan akan turun lumayan banyak, kira-kira 4.6 kg. dan kebanyakan bobot tubuh yang hilang berasal dari lemak yang menumpuk di perut.

Walau terkesan berat, sebenarnya pada tahap ini anda tak perlu takut akan merasa kelaparan. Anda tetap dapat makan 3 kali sehari dengan porsi cukup. Bahkan anda masih boleh makan snack di pagi dan sore hari, asalkan makanan yang dikonsumsi tidak berlebihan atau menyalahi aturan dasar. Juga tidak ada larangan untuk minum kopi dan teh. Anda pun masih bisa menyantap makanan pencuci mulut setelah makan malam.
Pada tahapan yang kedua, anda dapat lebih leluasa mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Tapai semua tetap dalam porsi wajar. Apabila anda suka nasi, anda boleh kembali memakannya. Begitu juga denga buah-buahan. Anda bahkan boleh makan coklat, walau tentu saja anda harus memilih jenis coklat yang tidak terlalu menggemukan, seperti misalnya dark chocolate, tanpa tambahan kacang dan caramel.

Di tahap ini, berat badan Anda akan terus mengalami penurunan, yaitu sekitar 0,5-1 kg seminggu. Lama tahap ini tergantung pada jumlah penurunan berat badan yang Anda mginkan. Apabila telah tercapai, Anda bisa langsung masuk ke tahap 3. yang merupakan tahap terakhir dan paling liberal dalam diet ini, Tahap ke 3 hanya dimaksudkan untuk menjaga berat badan Anda selalu pada posisi ideal, karena Anda dianggap akan terus menjalaninya selama seumur hidup. Kendati mungkin bisa saja terjadi ada saat Anda sedikit terlena atau bosan setelah menjalaninya bertahun-tahun, Anda tetap bisa kembali mengulangi tahap 1 Selama 2 minggu. Lalu, Anda pun bisa melanjutkan
ke tahap 3.

Dengan diet ini Anda tetap bisa makan enak, tapi berat badan Anda akan terus turun. Diet ini juga akan meningkatkan kesehatan jantung sekaligus mengurangi lingkar pinggang hanya dengan sedikit ketekunan. Agatston mengatakan bobot Anda akan menyusut antara 4-6.5 dalam 2 minggu pertama. Setelah itu, Anda dapat kembali menurunkannya sebanyak 1 kg setiap minggunya, begitu terus sampai Anda mencapai bobot ideal. Diet ini pun membuat keinginan Anda untuk mengunyah makanan manis dan kaya karbohidrat akan menghilang dengan sendirinya.

Dapatkah berhasil
Diet ini tampaknya mendukung ide-ide penurunan berat badan yang pernah dicoba, misalnya mengurangi kelebihan gula, makanan yang diproses serta konsumsi daging tanpa lemak. Menurut para ahli nutrisi konvensional, sebenarnya keberhasilan Anda menurunkan berat badan dengan menggunakan diet ini adalah karena diet ini rendah kalori, bukan karena Anda mengurangi konsumsi karbohidrat.

Namun Down Jackson, ahli gizi dari American Dietetic Association mengatakan kalau diet ini sungguh dapat membantu orang menurunkan berat badan, dan sebagai tambahannya membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, risiko serangan jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya. Ini dikarenakan diet ini kaya akan minyak ikan, serat dan antioksidan, serta kaya akan ’lemak baik’ seperti monounsaturated fat, dan rendah lemak jahat seperti trans fat atau hydrogenated oil. Jackson mengatakan kalau ia merekomendasikan menu pada tahap 2 dan 3 karena kaya akan gandum, protein dan dairy product rendah lemak, serta sayur dan buah.

Kekurangan
Kekurangan utama adalah karena mayoritas makanannya berasal dari daging dan dairy product, sehingga hanya ada sedikit pilihan bila Anda alergi pada susu atau seorang vegetarian. Pada tahap awal akan terjadi penurunan berat badan yang cukup signifikan. Tapi hal tersebut bisa saja disebabkan oleh hilangnya cairan akibat pembatasan konsumsi karbohidrat, dan ini bisa beresiko naiknya kembali berat badan Anda nantinya, yaitu pada saat Anda kembali makan karbohidrat.

Kendati diet ini juga menyarankan olahraga sebagai bagian suksesnya program penurunan berat badan, namun program ini hanya menyediakan informasi dan petuniuk yang terbatas mengenai aktivitas yang bisa dilakukan. "Seharusnya porsi untuk olahraga diperbanyak," kata Dawn.
Agar berhasil untuk Anda
Untuk penurunan berat badan yang perlahan-lahan dan aman, mulailah tahap ke 2 seminggu lebih dini, atau dari awal, walaupun Anda akan mengalami penurunan berat badan hanya 0,5-1 kg saja. Kombinasikan program diet ini dengan olahraga untuk meningkatkan kekuatan otot dan membantu penurunan berat badan, sekaligus mendapatkan keuntungan kesehatan lainnya.







Related Article:
Menu Sehat Sesuai Golongan Darah AB
Menu Sehat Sesuai Golongan Darah B
Menu Sehat Sesuai Golongan Darah O
Mengenal Jenis Diet I
Periksa Payudara Sendiri
 

©2009 Woman Lifestyle | by TNB