Mengenal Jenis Diet I

Ternyata, diet tidak hanya sekedar membatasi porsi makan atau menghindari makanan tertentu.Ada beberapa macam jenis diet, yang menerapkan cara diet yang berbeda satu sama lainya. Walau dengan tujuan sama yaitu menghasilkan tubuh yang langsing tanpa lemak, indah dan sehat. Jenis diet mana yang paling cocok buat Anda? Mari kita bahas satu per satu.

Detox Diet
Zat-zat kimia mempengaruhi metabolisme tubuh kita dan juga merusak selera serta kemampuan tubuh untuk membakar makanan. Karena itu mengurangi zat kimia yang masuk ke dalam tubuh akan membuat tubuh bekerja lebih baik. Kita akan menjadi lebih sehat dan lemak juga tidak akan menumpuk ditubuh. Caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan organik dan kurangi konsumsi makanan yang telah diproses, terutama yang mengandung zat-zat berbahaya, seperti lemak jenuh serta zat pewarna.

Sebaiknya mengkonsumsi sayur, buah, kacang-kacangan dan herbal selama sebulan penuh dan jangan mengkonsumsi daging, ikan, karbohidrat sederhana, dan juga garam.
Dapatkah berhasil?
Kedengarannya memang sangat bagus, tapi tampaknya banyak ahli nutrisi yang masih kurang memahami bagaimana zat kimia dapat mempengaruhi kenaikan berat badan. Namun Dr. Baillie Hamilton seorang dokter dengan gelar Ph.D di bidang metabolisme manusia. la melakukan sendiri penelitian tentang bagaimana racun dalam tubuh dapat menurunkan hormon yang akan mengontrol berat badan. Dan yang jelas, Detox Diet kemungkinan besar akan dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena membuat Anda mengurangi asupan kalori.

Kekurangan
Detox diet umumnya sangat rendah kalori, sehingga Anda akan mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis dalam waktu singkat. Risikonya Anda akan kekurangan nutrisi karena jumlah kalori yang dikurangi terlalu dramatis. Kemungkinan besar diet ini juga sangat rendah kalsium karena hampir 50% kalsium didapatkan dari dairy product, yang dilarang dalam diet ini. Dan itu berbahaya bagi kesehatan tulang.

Agar berhasil untuk Anda
Perbanyak minum air dan makan buah serta sayuran. Pilihlah sayuran organik bila memungkinkan, dan Jangan lupa untuk berolahraga secara teratur saat detoksifikasi. Tak perlu membiarkan diri Anda kelaparan, karena diet ini bukanlah diet yang mengharuskan Anda merasa lapar. Boleh juga menambahkan suplemen seperti misalnya Detoxil, yang mengandung nutrisi untuk membantu hati (liver) membersihkan racun dan melindungi sistem imunitas Anda. Kemungkinan juga Anda akan mengalami rasa sakit kepala, sakit perut, sembelit atau lelah saat tubuh mengeluarkan racun.

Weight Watchers
Menurut weight watchers, untuk mempertahankan berat badan ideal memerlukan program perubahan gaya hidup yang komprehensif, yang meliputi kesehatan fisik, mental dan emosional dengan bantuan support group.
Program Weight Watchers berdasarkan pada sistem point, dimana setiap makanan memiliki sejumlah point tertentu berdasarkan pada kandungan lemak, serat dan kalorinya. Setiap orang ditentukan batas pointya yang dibuat dengan maksud untuk mempermudah program penurunan berat badan. Weight Watchers tidak mencantumkan daftar makanan yang tidak boleh ataupun yang boleh dimakan. Fokus utamanya adalah menyediakan informasi, pengetahuan, sarana dan motivasi yang Anda butuhkan untuk membangun kesuksesan Anda sendiri dalam mempertahankan berat badan ideal dalam jangka panjang.

Weight Watchers tak hanya menjanjikan penurunan berat badan saja, melainkan juga menanamkan kebiasaan makan sehat. Anda tak akan dipusingkan oleh jenis makanan yang boleh atau tidak boleh dimakan, karena semua makanan boleh Anda cicipi. Weight Watchers juga menyediakan berbagai produk makanan siap pakai
Dapatkah berhasil

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, Anda tak akan mendapatkannya di sini. Diperkirakan dalam seminggu bobot tubuh Anda hanya berkurang 1 kg. Tapi begitu Anda telah berhasil menurunkan berat badan, Anda akan dapat mempertahankannya dalam jangka waktu lama.

Agar berhasil untuk Anda
Bagaimanapun point atau penghitungan kalori hanyalah salah satu bentuk dari sebuah pengukuran. Sebatang permen mungkin mengandung kalori yang sama dengan sepotong rati berukuran besar, tapi belum tentu memiliki kandungan nutrisi dan efek kesehatan yang sama). Jadi selain menghitung point, Anda juga harus lebih hati-hati dalam membangun kebiasaan makan sehat, yang nantinya akan membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankan kesehatan Anda. Untuk informasi lebih lengkap tentang diet ini Anda bisa mendapatkan informasi maupun motivasi tersebut via www.weightwatchers.com atau majalah Weight Watchers.


Diet Atkins
Bisa dibilang diet atkins merupakan diet yang rendah karbohidrat tinggi protein. Diet ini pertama kali diluncurkan oleh Dr. Robert C. Atkins yang juga seorang kardiolog, di awal tahun 70-an. Teori diet Atkins mengatakan bahwa dengan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung protein dan tidak makan karbohidrat sama sekali Selama 2 minggu pertama, tubuh akan membangun ketosis, keadaan dimana tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar.
Setelah 2 minggu atau yang disebut tahap ke-2, Anda boleh mengkonsumsi karbohidrat, walau hanya dalam porsi yang amat sangat sedikit. Cara ini akan membuat tubuh mempertahankan kadar insulin tetap rendah dan menghentikan tubuh mengubah makanan menjadi lemak. Teorinya adalah bahwa makan terlalu banyak karbohidrat akan meninggikan kadar gula darah. Pada gilirannya hal ini akan menghasilkan insulin, yang dengan cepat menuju aliran darah dan mengubah kelebihan gula darah menjadi lemak yang disebut triglycerides, yang nantinya tersimpan sebagai lemak tubuh. setelah itu, ada dua tahap lagi yang harus dijalankan dalam diet ini yaitu, premaintenance dan maintenance. Pada tahap ini Anda hanya tinggal mempertahankan diet Anda, sekaligus mulai melihat hasilnya.

Diet Atkins akan mendorong metabolisme tubuh Anda dan begitu metabolisme Anda berubah, tubuh Anda akan menyesuaikan diri secara otomatis dengan cara pembakaran lemak yang baru." Selain itu, dengan mengontrol kadar insulin tetap rendah, mereka yang mendetita penyakit jantung, hipertensi dan diabetes akan menampakkan adanya kemajuan klinis yang cukup berarti.

Dapatkah berhasil?
Diet ini memang berhasil untuk jangka pendek (3-6 bulan), jauh lebih baik daripada diet lainnya. Namun, dalam jangka panjang, sebuah studi yang dipubiikasikan dalam the New England Journal of Medicine memperlihatkan bahwa setahun kemudian mereka yang berdiet tidak mengalami penurunkan berat badan yang berbeda dengan mereka yang mengikuti diet rendah lemak konvensional.

Walaupun orang dengan diet ini makan lebih banyak daging, namun kemungkinan besar mereka mengurangi total kalori dengan cara makan lebih sedikit karbohidrat atau makanan tinggi kalori lainnya. Karena sebenarnya, kebiasaan mi membuat Anda lebih selektif memilih makanan, dan hal itu berdampak pada penurunan total asupan kalori.
Kekurangan

Ketakutan utama adalah makanan yang tinggi protein seringkali tinggi kadar lemak jenuhnya. Makan berprotein tinggi juga dapat menurunkan kadar kalsium yang dapat mencetuskan terjadinya osteoporosis. Begitu juga dengan orang yang memiliki masalah kesehatan seperti penderita liver dan ginjal, bisa mendapatkan stres yang tidak semestinya akibat tubuh mencoba untuk menghilangkan ketone. Ahli-ahli lainnya mengamati bahwa diet ini bisa menimbulkan masalah konstipasi, usus besar, ginjal atau naiknya kadar kolesterol. Anda juga akan mengalami bau mulut karena naiknya ketone.

Ahli gizi Wendy Martinson memperingatkan agar Anda tidak melakukan diet Atkins bila Anda sering berolahraga (4-5 kali seminggu). Karena untuk berolahraga Anda membutuhkan bahan bakar. Tubuh memang bisa mendapatkannya dengan membakar lemak, tapi tidak secepat yang dibutuhkan tubuh Anda untuk berolahraga. Akibatnya Anda akan kekurangan energi.
Agar berhasil untuk Anda

Jangan memanfaatkan diet ini sebagai alasan agar Anda bisa seenaknya makan steak, keju atau makanan tinggi protein (juga lemak) lainnya. Variasakan sumber protein dan makanlah banyak ikan dan buah-buahan rendah Karbohidrat serta sayuran yang diperbolehkan, misalnya: tauge, jamur, seledri, lada, lobak, asparagus, kol, bayam dan terung. Anda bisa menggunakan diet Atkins ini sebagai langkah awal untuk program penurunan berat badan Anda, tapi Jangan menggunakannya lebih dari 14 hari.

Food Combining
Pada prisnsipnya diet berteori kalau sekelompok makanan tertentu membutuhkan waktu cerna yang berbeda. Tubuh akan mencerna makanan dengan lebih baik bila kita mengkonsumsi makanan yang memiliki waktu cerna yang sama. Protein, umpamanya, memiliki waktu cerna yang panjang, sedangkan karbohidrat pendek. Karena itu keduanya tidak boleh dimakan berbarengan. Sebaliknya, protein dapat dikonsumsi bersamaan dengan sayur-sayuran hijau.
Penurunan berat badan yang baik dianggap berkaitan erat dengan pencernaan yang baik. Mengkonsumsi makanan dengan cara yang salah akan membuatnya busuk dan tidak dapat dicerna dengan baik, sehingga menyebabkan terjadinya timbunan lemak. Jadi bila Anda tahu kapan waktu makan yang tepat serta berhasil menghindari makanan tertentu dikonsumsi pada saat yang bersamaan, otomatis pencernaan Anda bekerja lebih baik, dan bobot Anda pun akan turun dengan sendirinya.

Anda tak perlu menghitung-hitung kalori atau mengurangi porsi makan untuk menurunkan berat badan. Cukup dengan mengetahui kapan harus makan dan bagaimana kombinasi makanannya. Dengan begitu, tubuh akan secara alami mencapai dan mempertahankan berat badan ideal. Dengan banyak makan banyak sayur dan buah, Anda akan terhindar dari sembelit, tubuh pun jadi lebih bugar dan jauh dari penyakit.

Kekurangan
  • Pakemnya tidak mudah untuk diikuti. Anda pun harus melakukan perubahan pola makan yang cukup drastis untuk menjalankan diet ini. Walaupun memang cukup banyak orang sukses menurunkan berat badan dengan cara diet ini.
  • Selain sangat rendah kalori, dalam jangka panjang diet ini bisa menyebabkan kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, terutama vitamin D, B2, kalsium, dan zat besi. Agar berhasil untuk Anda
  • Untuk mengimbangi perubahan pola makan Anda yang cukup dramatis, Anda dapat memilih kombinasi makananan yang Anda sukai, Hitung-hitung menyenangkan hati supaya acara diet tidak terlalu menjadi beban.
  • Tambahkan suplemen untuk menyiasati kekurangan vitamin dan mineral.

    Masih ada beberapa jenis diet lagi, supaya tidak terlalu panjang dan membosankan membacanya, kita bahas di artikel berikutnya.










  • Related Article:
    Menu Sehat Berdasarkan Golongan Darah B
    Menu Sehat Berdasarkan Golongan Darah O
    Lemak yang Dibutuhkan Tubuh
    Periksa Payudara Sendiri
    Mengenal Jenis Diet II

    1 comments:

    Anonymous said...

    Artikel anda di

    http://diet.infogue.com/mengenal_jenis_diet_i

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

    Post a Comment

     

    ©2009 Woman Lifestyle | by TNB