Saturday, February 13, 2010

Vaginal Douching


Vagina merupakan bagian tubuh yang sangat berharga bagi wanita namun sering terlupakan perawatannya. Mungkin karena bagian ini tertutup, sehingga kita mengabaikannya. Kali ini kita akan membahas mengenai kebersihan vagina, terutama mengenai douching.

Apakah douching?
Mungkin istilah ini buat sebagian wanita masih asing. Padahal mungkin anda sudah sering melakukannya. Douching berarti kegiatan membersihkan vagina dengan cara menyemprotkan air, membersihkannya dengan sabun wangi atau menggunakan semprotan pembersih vagina (biasanya ada alat khusus atau botol yang menyemprotkan cairan ke vagina) yang banyak dijual bebas. Ada juga beberapa perempuan yang menggunakan sabun biasa dan selang air.

Mengapa perempuan melakukan douching?
Sebenarnya vagina memiliki mekanisme alamiah untuk membersihkan sendiri melalui cairan yang diproduksinya dalam jumlah kecil setiap hari. Proses pembersihan ini juga dibantu oleh bakteri-bakteri komensal (bakteri yang memang hidup dalam vagina) yang menjaga vagina dari infeksi kuman lain .

Dalam keadaan normal vagina mempunyai bau yang khas. Tetapi, bila kita kurang menjaga kebersihan vagina dan bila ada infeksi dapat menimbulkan bau yang mengganggu, seperti bau yang tidak sedap, menyengat, dan amis. Untuk itulah banyak perempuan yang melakukan douching untuk menjaga kebersihan alat kelaminnya.

Apakah douching itu aman?
Menurut para pakar kesehatan, sebisa mungkin perempuan tidak usah melakukan douching untuk membersihkan vagina, karena ternyata douching dapat membuat pH di dalam vagina menjadi tidak seimbang apalagi kalau douching itu sering dilakukan. Ketidakseimbangan pH akan menyebabkan bakteri-bakteri komensal menjadi mati sehingga vagina dapat terserang bakteri dari luar. Apabila hal itu terjadi bisa menyebabkan penjalaran infeksi ke organ lebih atas lagi dan menyebabkan infeksi rongga panggul. Keadaan ini dapat menyebabkan perempuan mengalami sakit pada saat menjelang menstruasi dan bisa juga mengalami kesulitan hamil.

Bagaimana cara sehat dan aman membersihkan vagina?
Karena keseimbangan pH di dalam vagina sangat sensitif, ada baiknya membiarkan vagina membersihkan dirinya sendiri dengan membasuh bagian luar vagina menggunakan air hangat dan sabun yang tidak mengandung pewangi . Produk-produk seperti sabun sehat perempuan, bedak, bahkan parfum tidak selalu baik untuk membersihkan vagina, bahkan justru dapat membahayakan. Dan, bila terjadi sesuatu dengan bagian vagina kita seperti rasa sakit, gatal, lecet, atau bau yang tidak sedap; sakit ketika buang air kecil; keputihan yang tidak normal; segeralah berkonsultasi ke dokter terdekat. Biasakan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum kita membersihkan vagina kita.









Related Articles:
Menu Sehat Untuk Golongan Darah A
Lemak Yang Dibutuhkan Tubuh
"Anoreksia", Sexy atau Mati?
Mengenal Jenis Diet II
Periksa Payudara Sendiri

2 comments:

Health lifestyle said...

Info menarik, tp sayangnya sy cowo, hehe...
btw, mba boleh kita tukar link??
link anda udah sy tambahkan di blogroll sy. thnx

Anonymous said...

I visited many blogs but the audio quality for audio songs present at this web page is genuinely excellent.
My page - Christian Louboutin

Post a Comment

 

©2009 Woman Lifestyle | by TNB