Saturday, November 1, 2008

Berbagai Buah untuk Kecantikan Kulit


Setiap wanita pasti mendambakan kulit yang lembut dan bersinar. Bahkan kebanyakan wanita Indonesia mengidolakan kulit yang putih bersih. Padahal putih juga tidak menjamin bisa tampil cantik bukan? Yang berkulit sawo matang atau cenderung gelap pun juga tidak kalah cantiknya kalau terawat.

Untuk mempercantik kulit, cara yang instant adalah dengan kosmetik. Memang kosmetik dapat merubah penampilan kita dalam waktu yang relatif singkat, tapi perlu diperhatikan juga karena kosmetik bisa berdampak buruk buat kesehatan. Perawatan dengan buah dan sayuran merupakan jalan yang relatif paling aman bagi kesehatan kulit. Dan juga tentunya lebih murah karena bisa kita lakukan sendiri di rumah.


Kulit Kering
Jenis kulit ini membutuhkan buah yang mengandung lemak dan kaya air.

Alpukat
Alpukat kaya akan vitamin, mineral dan minyak alami. Buah ini banyak mengandung vitamin A, C, E, juga mengandung zat besi, potasium, niasin, asam pantotenik dan protein. Alpukat sangat baik untuk pelembab alami. Cara penggunaanya, ambil daging alpukat dan gosok lembut ke seputar wajah dan biarkan mengering selama kurang lebih 15 menit, lalu bersihkan dengan air dingin.
Selain dagingnya, kulit alpukatpun dapat dimanfaalkan sebagai krim penghalus kulit punggung dan lutut yang kasar. Caranya, campurkan cincangan kulit alpukat dan perasan jeruk lemon. Baru kemudian dioleskan ke kulit dengan sedikit ditekan.

Pisang
Meski kandungan lemaknya tidak setinggi alpukat, pisang ini juga untuk mengencangkan dan menyegarkan serta mengurangi kerutan di wajah, gunakan masker campuran dari pisang, madu, dan putih telur. Kombinasi ini juga aman digunakan untuk semua jenis kulit.

Apel dan Melon.
Kedua buah ini berkhasiat membersihkan dan melembutkan kulit yang kasar serta kusam. Selain itu, sari buah apel dapat digunakan sebagai tonik pembersih dan penyegar wajah.

Kulit Normal dan Berminyak

Jeruk Nipis/Jeruk Lemon
Air yang berasal dari daging buah ini dapat membuat pori-pori mengecil dan menghilangkan kelebihan lemak pada jenis kulit berminyak. Ambil daging jeruk nipis/lemon, oleskan pada kulit wajah. Biasanya di sekitar hidung dan pipi yang pori-porinya terlihat besar.
Khusus kulit normal tapi cenderung berminyak sebaiknya campur jeruk dengan madu untuk hasil yang lebih baik

Tomat dan Yogurt
Tomat ini sebenarnya cocok untuk semua jenis kulit. Buah ini dapat melindungi kulit dari efek terbakarnya sinar matahari. Jadi sangat cocok digunakan bila kita habis beraktifitas diluar. Selain itu tomat juga dapat mempercepat pergantian lapisan sel-sel kulit yang lebih muda yang dengan sendirinya akan menjadikan permukaan kulit akan tampak segar dan bercahaya.
Bagi wanita berkulit normal cenderung berminyak dengan noda hitam di wajah, masker tomat yang digunakan perlu dicampur yoghurt bisa juga ditambah madu. Sehingga, didapatkan hasil yang memuaskan. Masker ini berfungsi memudarkan noda hitam sekaligus membersihkan dan menghaluskan kulit wajah.

Nanas
Kebanyakan wanita tidak menyukai buah ini, karena dipercaya dapat menyebabkan keputihan. Tapi ternyata nanas bisa juga dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Nanas dapat digunakan sebagai masker yang bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus rnenghilangkan noda,dan sangat cocok pada kulit normal dan berminyak. Tambahkan sedikit madu atau susu segar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun harus diingat, masker nanas tidak cocok untuk kulit kering dan sensitif, karena akan menambah kering kulit wajah dan mengakibatkan gatal.

Semua Jenis Kulit
Mentimun.
Timun berfungsi sebagai penyegar kulit.Kandungan airnya mampu menyegarkan kulit wajah. Cara memakainya sangat mudah. Letakkan irisan timun pada wajah beberapa saat, lalu gosokkan perlahan-lahan pada seluruh wajah dan leher. Untuk pembersih dan penyegar wajah, bisa digunakan masker campuran mentimun yang dicincang dengan yoghurt.

Bengkoang.
Ini juga biasa digunakan untuk masker semua jenis kulit. Bengkoang berkhasiat memutihkan, mengencangkan dan menyegarkan kulit wajah.









Related Articles:
Ramping Usai Melahirkan
Tubuh Indah Tanpa Selulit
Fake Eyelashes
Tampil Wangi Seharian
Ketombe Siapa Takut?
Don't Do It
Kiat Alami Awet Muda

16 comments:

brigaspad said...

waaah kayanya mulai sekarang rajin makan buah aach....

infogue said...

Artikel anda di

http://kecantikan.infogue.com/berbagai_buah_untuk_kecantikan_kulit

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

sandy said...

waduw kok gak ada buah buat kegantengan kulit yak?


hahha...

klo saya siiii udda suka buah drdulu...

tapi uda lumayan kok...









NB:LUMAYAN ANCURNyA....

mercy said...

@Sandy

Sukanya buah apaan Bro? Asal jangan yang aneh2 yak :D

Onik said...

gw kulit berminyak, untunglah gw suka buah jeruk lemon, nipis tomat, nanas dan minum yoghurt (bukan makan yoghurt) tp jarang memanfaatkannya hehe...

attayaya said...

nenas juga banyak manfaatnya
http://attayaya.blogspot.com/2008/09/06-nenas-manfaat-tanaman-nenas.html

masker kecantikan said...

Terima kasih atas infonya....

buah untuk kecantikan said...

Blog yang bagus...
Memang buah-buah yg disebutkan diatas, banyak sekali khasiatnya....
Saya sendiri telah mencobanya, dan merasakan manfaatnya...

balidreamhome said...

sayang buah nagka gak masuk itungan nih hi hi... kalau pake masker durian bagus gak ya :-)

salam,

Anonymous said...

tomat direbus dulu kemudian diblender, diminum tiap pagi.. bagus untuk kulit juga.

All About Women said...

Great article .. ^_^

Diana said...

Thanks for sharing this useful information, it's a secret of beautiful skin.. great work!!!

Nurlina said...

Informasinya menarik deh

perawatan wajah dengan bahan alami said...

klo muka jerawatan buah ap ya?

Manfaat Kesehatan said...

pasti dicoba tips ini,,,sangat membantu sekali...

Choki said...

Fruit is a multi fungtion, nice, fresh and health, i like fruit.

Post a Comment

 

©2009 Woman Lifestyle | by TNB