Friday, September 18, 2009

Kiat Alami Awet Muda

Tampil muda dan sehat tentu merupakan dambaan setiap wanita.Hingga kini, para ahli medis dan bioteknologi juga merasa tertantang untuk menyibak misteri menunda ketuaan.Padahal kunci untuk tetap sehat dan awet muda itu ada dalam kehidupan kita sehari-hari.Banyaknya obat-obatan yang kita konsumsi saat usia belia dapat mendatangkan berbagai efek terhadap kesehatan tubuh kita.Efek samping ini bisa berupa aneka ragam penyakit yang tidak kita alami di usia muda,seperti diabetes,osteoporosis, hipertensi dan sejenisnya. Selain mengundang berbagai jenis penyakit penuaan juga dapat mengurangi keindahan penampilan.


Penuaan tidak terjadi secara tiba-tiba tetapi melalui beberapa fase. Fase pertama,yaitu subklinal terjadi pada usia 25-35 tahun. Pada fase ini hormone mulai mengalami penurunan produksi hingga 14%. Polusi udara,diet yang tidak sehat dan stress dapat menyebabkan sel-sel tubuh rusak,namun kadang kita belum menyadarinya. Fase kedua,yaitu transisi yang terjadi pada usia 35-45 tahun. Hormon menurun hingga 25% sehingga tubuh mulai mengalami tanda penuaan. Biasanya ditandai dengan melemahnya penglihatan,rambut beruban,serta berkurangnya stamina dan energi. Yang berbahaya, pada usia ini seseorang sangat berisiko terkena kanker akibat dari gaya hidup tidak sehat sejak usia muda. Terakhir,yaitu fase klinikal, yakni usia di atas 45 tahun.Karena produksi hormone terus berkurang hingga berhenti sama sekali, maka seringkali pada fase ini kulit akan mengalami dehidrasi dan tubuh cepat lelah. Penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes sering menjadi momok yang sangat ditakuti.

Karena proses penuaan terjadi dalam beberapa fase, maka sesungguhnya ada banyak waktu bagi kita untuk menghambatnya. Sebesar 30% penuaan diakibatkan oleh faktor genetika dan 70% karena pengaruh gaya hidup. Seseorang yang rajin berolahraga terbukti bisa terhindar dari sejumlah penyakit kardiovaskuler. Mereka semakin terhindar dari derita penyakit jantung dan stroke.Kita tidak harus melakukan olahraga yang erat-berat,cukup dengan olahraga ringan yang bisa kita lakukan di sela aktivitas,seperti senam kecil, lari,atau jalan cepat yang dapat dengan mudah kita lakukan tanpa mengganggu aktivitas keseharian kita.Hal kedua yang dapat menunda proses penuaan yaitu faktor diet dan nutrisi. Tentunya diet yang sehat,yaitu degan mengatur pola makan kita dan tidak melupakan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Kita bisa memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur yang dapat menjadikan tubuh tetap terlihat cerah. Kebiasaan menyantap camilan atau kudapan juga kurang baik terhadap kesehatan tubuh.Satu lagi yang harus dihaindari, yaitu makan terlalu larut malam. Jam makan yang paling ideal bagi kesehatan adalah pukul enam sore. Setelah lewat pukul enam sebaiknya tidak lagi mengkonsumsi makanan berat,seperti nasi,gandum dan sejenisnya, sebab makanan berat dapat memperberat kinerja hormone di saat kita tidur.

Selain makanan,yang harus kita perhatikan,yaitu stress. Benar orang bilang bahwa sering marah akan membuat kita cepat tua. Stres yang berkepanjangan harus kita manage sedemikian rupa agar tidak terlalu menyiksa jiwa dan tubuh. Saat seseorang mengalami stress,terjadi stimulasi hormone kortisol yang dapat mempercepat penuaan. Lebih dari itu,stress berkepanjangan juga mengganggu jantung dan otak.

Semua hal di atas sebenarnya bisa kita terapkan di dalam keseharian kita,namun kebanyakan orang merasa malas atau tidak ada waktu untuk berolahraga atau mengawasi menu makanan yang dilahap.Padahal kalau kita bisa melakukannya,orang tidak perlu bersusah payah untuk menjalani berbagai pengobatan untuk menghambat proses penuaan. Memang saat ini sudah cukup banyak kemajuan medis yang menjanjikan “obat awet muda”.Tetapi, bukankah yang alami itu jauh lebih baik???






Related Articles:
Masker untuk Aset Anda
Don't Do It
Posisi Tidur dan Kecantikan
Fake Eyelashes
Berbagai Buah Untuk Kecantikan Kulit
 

©2009 Woman Lifestyle | by TNB